Senin, 01 November 2010

BELAJAR WORD PART III hyuuuuk

                                      
 Printing


  Terdapat 3 opsi printing yang tersedia di Microsoft Word 2007 :
    Print
     Print di MS Word 2007 sama halnya dengan print di MS Word 2003. Apabila kita
     klik Print makan muncul kotak dialog Print.
                                                                                1
  a. Printer name : untuk memilih printer mana yang akan digunakan untuk
      mencetak dokumen.
  b. Page range : untuk menentukan halaman yang akan di cetak. Terdapat tiga
      opsi pilihan yaitu All untuk mencetak semua halaman, Current page untuk
      mencetak halaman dimana cursor diletakkan saja. Selection untuk mencetak
      halaman yang diinginkan dengan mengisi pada kolom Page.
  c. Copies : untuk menentukan jumlah rangkap dokumen yang akan dicetak yaitu
      dengan memilih pada opsi Number of copies. Kemudian checklist pada opsi
      Collate untuk mencetak dokumen secara urut sejumlah rangkap dokumen  yang  dicetak. Apabila tidak di checklist, printer akan mencetak halaman sesuai
      jumlah rangkap sebelum mencetak halaman berikutnya.

 Quick Print
  Quick Print akan mencetak dokumen dengan pengaturan printer default, tanpa
  menuju ke kotak dialog Print.
 Print Preview
  Print preview akan menampilkan gambaran dokumen sebelum di cetak.
                                                                              2
 Split

  Split digunakan untuk membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat
  bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan.
  Cara melakukan Split pada Microsoft Word 2007 :
         Pilih tab View > klik pada pilihan Split.
         Letakkan garis split di bagian pada dokumen yang diingikan, kemudian
          tampilan akan seperti pada gambar berikut ini.
         Apabila ingin menghilangkan Split, klik Remove Split pada toolbar.
                                                                                  3
 Comment

  Comment berfungsi untuk mengkoreksi tulisan atau kalimat yang salah dan harus
  diperbaiki ketika penulisan makalah ilmiah ataupun penulisan Skripsi nanti, berikut
  adalah cara-caranya :
        Arahkan kursor mouse pada tulisan yang ingin diberi comment, jika tulisan
         tersebut lebih dari satu kata maka Blok tulisan tersebut.
        Klik menu Review kemudian pilih New Comment
        Setelah diklik kemudian akan muncul gambar seperti berikut
        Untuk menghapus Comment klik Reject atau klik kanan dan pilih Delete
         Comment.
                                                                                    4
 Watermark
  Watermark digunakan untuk memberikan tanda pada background penulisan, misalnya
  ada kalimat “Do Not Copy” atau “Confidential”.
  Cara menambahkan Watermark pada dokumen adalah :
         Klik Page Layout kemudian pilih Watermark
         Setelah dipilih kemudian akan muncul seperti ini.
           Untuk mengedit tulisan pilih Custom Watermark pada pilihan
             Watermark
                                                                               5
 Kemudian akan muncul kotak dialog sebagai berikut :
 Kemudian ganti nama yang ada dikotak Text.
 Apabila Watermark sudah tidak diperlukan, maka klik Watermark
  kemudian klik Remove Watermark.
                                                                6
 Convert PDF
  Cara untuk melakukan konversi dari word ke pdf pada Microsoft Word 2007
  adalah :
    Klik pada menu windows > Save as > PDF or XPS
    Pilih lokasi dimana file PDF nantinya akan disimpan, kemudian klik Publish.
                                                                                 7
    Kemudian muncul hasil konversi ke PDF
       Convert Finish.

 Footnote

  Untuk membuat footnote, langkah-langkahnya:
       Letakan pointer (kursor) di mana nomor footnote akan dibuat.
       Klik tab References pada ribbon.
       Klik icon Insert Footnote pada grup Footnotes, maka secara otomatis
        nomor
        footnote akan muncul secara berurutan dari satu dan seterusnya.
                                                                            8
        Ketik isi footnote pada di bawah garis footnote pada bagian bawah
         halaman kerja.

 Citation

  Berfungsi untuk memasukkan kutipan dari sumber seperti buku dsb, sesuai style
  yang sudah disediakan oleh Microsoft Word. Cara Insert Citation :
    Klik Tab References > Insert Citation > Add New Source...
    Masukkan data tentang sumber referensi yang digunakan, kemudian klik OK.
                                                                              9
    Kemudian akan muncul di tulisan, Citation yang telah kita buat.

 Bibliography

  Berfungsi untuk membuat daftar pustaka sesuai dengan format yang sudah ada.
  Cara membuat bibliography adalah :
     o Klik References > Bibliography > Pilih formatnya.
     o Kemudian muncul secara otomatis semua daftar pustaka yang telah dibuat.
                                                                            
TUGAS
  1. Buatlah artikel (temas bebas) boleh melanjutkan tugas minggu sebelumnya
  2. Lakukanlah latihan print dan split
  3. Masukanlah watermark, citation, bilbiograpy, footnote dan comment
  4. Save dalam format pdf (boleh krim via email jika tidak terdapat pilihan save as pdf)
  5. Burn ke dalam cd (dikumpulkan minggu depan)
                                                                                        

1 komentar: